PELAJARAN 1  BAHASA JEPANG DASAR


1. WA  (は)   adalah partikel penanda topik. DESU (です) setelah B membentuk predikat. 

Contoh: WATASHI WA ANNA DESU. (Saya adalah Anna.)

Kosakata berwarna biru bisa diganti dengan :

  1. SAYA (WATASHI)

  2.  ANDA ( ANATA)

  3.  ANO HITO (ORANG ITU) . 

Dan kosakata berwarna hijau bisa diganti dengan :

  1. Nama

  2. Profesi ( Pekerjaan)

Untuk profesi bisa disesuaikan dengan profesi masing masing yang diminati atau yang ingin dikenalkan kepada lawan bisa cara.

Contoh Kalimat :

  1. (NAMA) :

WATASHI WA ANNA DESU. 

nama saya anna.

Yang ditandai adalah yang bisa diganti dengan nama lain selain ANNA.


  1. (PROFESI) :

WATASHI WA DAI GAKUSEI DESU.

saya seorang mahasiswa.

Profesi yang dimaksud adalah bisa pekerjaan (guru, dosen, dll) . Bisa juga Berupa Jabatan atau status saat Ini ( pelajar, mahasiswa, dll).

*Note : 

1. WATASHI: わたし 4. ANNA:  アンナ

2. ANATA : あなた                           5. GAKUSEI:  がくせい

3. ANO HITO :  あの  ひと           6. DESU:  です


2. Predikat (です).

      Predikat  (です) digunakan untuk mengakhiri kalimat yang dibuat oleh si bicara . Predikat (です)  berada diakhir kalimat . Predikat(です) tidak memiliki arti khusus namun selalu digunakan untuk mempesopan sebuah kalimat. 

 

Contoh :

  • WATASHI WA ANNA DESU .

Saya adalah anna .

Predikat (です) ada 3 macam yang sering digunakan yaitu :

  1. DESU  (です)

  2. DEWA ARIMASEN  (では  ありません)

  3. DESUKA ?  (ですか ?)

Contoh kalimat masing masing predikat :

  • WATASHI WA ANNA DESU .

Saya adalah anna .


  • WATASHI WA ANNA DEWA ARIMASEN .

Saya Bukan Anna .


  • ANATA WA ANNA  DESUKA ? .

Apakah kamu adalah anna ? .

Dari kalimat diatas bahwa predikat mempengaruhi arti dalam sebuah kalimat .


3.Partikel Mo (も)

Partikel mo (も) digunakan sebagai penanda topik/subjek tambahan yang memiliki predikat sama atau serupa dengan topik sebelumnya.


Contoh Kalimat :


*)マルセル さん    インドネシア じん  です

Maruseru-san wa Indoneshiajin desu.

Marcel  adalah orang Indonesia.

*)ウディン さん    インドネシア じん  です。

Udin-san mo Indoneshiajin desu.

Udin  juga orang Indonesia


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Magang/Jisshusei Dan Kerja/Tokutei Ginou Dalam Program Magang Atau Kerja Ke Jepang

Perkenalan Huruf Bahasa Jepang